Followers

6 Kebiasaan Sehat Yang Bikin Sakit

Posted by wiby Wednesday, September 30, 2009 0 comments


Jangan kira semua aktivitas menyehatkan benar-benar membuat Anda sehat. Untuk beberapa kebiasaan, hal itu justru bisa membuat Anda sakit. Apa saja kebiasaan itu?

Menurut Dr. Erika Schwartz, Medical Director of Cinergy Health yang dikutip dari Huffington Post, Rabu (30/9/2009), ada 6 kebiasaan umum yang dianggap orang menyehatkan tapi sebenarnya tidak, bahkan kebiasaan itu akan membuat Anda sakit.

1. Olahraga berlebihan
Tubuh dan pikiran sebenarnya tidak membutuhkan 30-45 menit selama 3-4 hari seminggu untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan. Olahraga atau aerobik sebaiknya tidak dilakukan berlebihan, cukup dilakukan ketika hari libur jika ingin benar-benar berolahraga. Olahraga yang berlebihan hanya akan membuat Anda keletihan dan mudah sakit. Tapi jika ingin berolahrga tiap hari, sebaiknya cukup jalan kaki atau yoga. Olahraga berenang, tenis, golf atau olahraga tim bisa dilakukan sebulan sekali.

2. Menghindari sinar matahari
Mencegah terkena sinar matahari sama saja dengan mencegah masuknya vitamin D ke dalam tubuh. Padahal vitamin D sangat penting untuk tubuh dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar ultraviolet dari matahari memang bisa merusak kulit, tapi sebaiknya jangan menjadi takut berlebihan juga sampai-sampai tidak mau terkena sinar matahari. Penggunaan lotion pelembab juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena akan menghalangi masuknya sinar matahari ke kulit. Satu-satunya bagian tubuh yang perlu perlindungan hanyalah wajah.

3. Selalu menggunakan gel atau sabun khusus antibakteri
Produk-produk antibakteri memang bisa mencegah seseorang dari kuman, bakteri atau virus. Tapi penggunaan yang terlalu sering justru akan melemahkan antibodi tubuh. Zat antibakteri tidak hanya akan membunuh bakteri jahat tapi juga bakteri baik yang sebenarnya berguna untuk menyeimbangkan flora bakteri dalam tubuh. Gunakanlah produk tersebut dengan wajar dan berhentilah menjadi seseorang yang ingin selalu bersih setiap saat.

4. Kelebihan atau kekurangan tidur
Rata-rata orang butuh sekitar 8 jam per hari untuk tidur. Jika Anda kurang atau terlalu banyak tidur dari jam seharusnya, tubuh tidak akan bisa berpikir, berproses dan berfungsi secara optimal. Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa jam tidur yang kurang atau lebih tidak baik untuk kulit, menyebabkan pusing, depresi dan nafsu makan bertambah.

5. Berada di ruangan AC terus menerus
Meskipun AC baik untuk mencegah seseorang dari gejala pusing atau pingsan akibat kepanasan, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak menghirup udara AC. Kandungan udara dingin yang terdapat pada AC mungkin mengandung banyak bakteri dan partikel kotor lainnya. Setiap jamnya sebaiknya matikan AC, buka jendela, jalan ke luar ruangan dan hiruplah udara segar. Jangan lupa bersihkan penyaring AC dengan air hangat dan sabun setiap bulannya. Jika Anda berada di ruangan kantor yang full AC, bawalah jaket untuk menjaga suhu tubuh jika udaranya terlalu dingin, keluarlah dari kantor setidaknya untuk makan siang atau jajan sore.

6. Mengonsumi makanan organik
Tidak semua makanan yang berlabel organik ternyata benar-benar organik, karena banyak yang masih menggunakan pestisida. Bukan hanya harus mengeluarkan uang lebih banyak, tapi Anda juga berisiko tertipu dengan label tersebut. Makanan tidak perlu organik untuk disebut sebagai makanan sehat. Dengan penanganan dan pengolahan yang tepat, risiko makanan terkontaminasi zat asing pun diatasi.

| edit post

Wanita Sedang Hamil Bisa Hamil Lagi?

Posted by wiby Sunday, September 27, 2009 0 comments

Kabar menghebohkan datang dari Amerika. Seorang wanita asal Arkansas hamil lagi ketika ia masih hamil dan mengandung anak pertamanya. Otomatis, ia mengandung dua anak sekaligus tapi bukan kembar. Bagaimana bisa?

Kasus yang jarang dan aneh tersebut dialami oleh Julia Grovenburg, wanita asal Arkansas, Amerika Serikat. Ketika itu, Julia yang sedang melakukan pemeriksaan ultrasound rutin ke dokter. Saat itu pula, dokter, Julia dan suaminya Todd terkejut ketika mengetahui ada bayi lagi yang hidup dalam rahim Julia.

Sebuah janin laki-laki ditemukan dalam rahim Julia, dua minggu setengah setelah janinnya yang pertama tumbuh. Dokter mengatakan bahwa kejadian yang dialami Julia adalah kejadian langka yang pernah ditemukan dalam kasus kehamilan wanita.

Namun dokter memastikan bahwa bayi yang baru muncul dalam kandungannya bukan kembaran anak pertamanya karena jarak kehamilannya yang cukup jauh. "Ketika dicek dengan alat ultrasound, kami menemukan satu bayi. Namun setelah itu kami menemukan detak jantung lain dari seorang bayi yang lebih muda pertumbuhannya," ujar Dr. Karen Boyle of the Greater Baltimore Medical Center seperti dikutip dari New York Times, Minggu (27/9/2009).

Sebelumnya, Dr. Michael Muylaert melaui media massa di Arkansas menyebutkan bahwa janin baru yang terdapat pada rahim Julia adalah kembaran janin pertamanya yang tumbuh dengan pola yang berbeda dan dikenal dalam istilah kedokteran sebagai superfetation.

Namun dokter kandungan Julia membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa kedua janin itu tidak kembar. "Ini adalah hal yang langka tapi mungkin saja terjadi. Satu-satunya cara untuk memastika janin itu kembar atau tidak adalah dengan melakukan tes DNA atau kromosom pada kedua janin bayi tersebut," ujar Boyle.

Boyle mengatakan jika memang kejadian langka tersebut adalah superfetation, maka janin yang paling mudalah yang berisiko paling besar, yaitu terlahir prematur dan memiliki masalah pernafasan dan paru-paru. Namun Boyle tidak mengkhawatirkan hal itu karena ia yakin itu bukan kasus superfetation dan juga jarak kemunculan janinnya cukup jauh.

"Uniknya, jika kedua bayi itu benar-benar lahir sesuai tanggal yang diprediksi dokter, bayi pertama akan lahir pada akhir tahun 2009 sedangkan bayi kedua lahir di awal tahun 2010," ujar Boyle.

| edit post


Faktor genetik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan seseorang. Jika Anda ingin mempunyai anak yang cerdas, carilah seorang istri yang cerdas, karena ternyata kecerdasan anak diturunkan dari ibu.

Menurut neurolog sekaligus Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Kesehatan Depkes RI, Adre Mayza, SpK (K), dasar pembentukan intelegensia seseorang dipengaruhi oleh 3 hal yaitu nutrisi, stimulasi dan genetik atau keturunan.

Meski tidak mempengaruhi seutuhnya, namun banyak juga anak yang terlahir cerdas dari orang tua yang cerdas. "Gen ibu lebih banyak berperan pada kecerdasan anak. Kalau anaknya cerdas, biasanya ibunya juga cerdas. Jadi kalau cari suami nggak perlu yang pintar-pintar amat, tapi kalau cari istri kalau bisa yang pintar," ujar Adre dalam acara Optimalisasi Peningkatan Intelegensia Otak di GKBI, Jakarta (10/9/2009)..

Sebenarnya hubungan antara kecerdasan anak dengan ibunya bisa dilihat secara alamiah ketika ibu baru melahirkan. "Bayi bisa mencari puting susu ibunya sendiri, itu sudah jadi pertanda," ujar Adre.

Bayi menangis jika mengompol juga bisa jadi pertanda bahwa kecerdaasn ada hubungannya dengan ibu. Hormon oxytocin yang dikeluarkan pada saat ngompol sama dengan hormon yang terdapat pada area kawanitaan ibu. "Itu mengapa jika daerah kewanitaan itu dirangsang, akan muncul perasaan enak dan senang, " tutur Adre.

Oleh karena itu, memakai pampers biasanya membuat seorang anak tumbuh menjadi egois. "Bayi yang sering pakai pampers, cenderung memiliki rasa empati yang kurang karena jarang menangis dan bagian otaknya tidak terlatih untuk merasakan empati," tutur Adre.

Otak setelah lahir memiliki kemampuan berkembang yang cepat. Penglihatan lebih dulu berkembang daripada pendengaran dan separuh perkembangan intelektual seseorang berlangsung di bawah usia 4 tahun.

Adre mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia saat ini ada di urutan ke 109 dari 179 negara. "Artinya sudah miskin, bodoh, sakit, sombong pula," ujar Adre. Padahal sebentar lagi Indonesia akan memasuki tantangan milenium 3 yang merupakan era competitive intelligence.

Oleh karena itu, ibu mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk perkembangan kecerdasan anak. "Stimulasi janin dengan musik-musik alam, binatang atau musik klasik, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan berikan stimulasi yang tepat ketika sudah lahir untuk menghasilkan anak yang cerdas," ujar Adre.

Namun meskipun begitu, menurut Prof. Dr. Jalaludin Rahmat, pakar komunikasi dan penulis buku 'psikologi komunikasi', faktor genetik atau keturunan bisa dikalahkan oleh faktor lingkungan dan nutrisi. "Nurture atau lingkungan bisa mengalahkan nature atau warisan biologis jika otak terus distimulasi," jelas Jalaludin.

| edit post

Sering Kencing itu Pertanda Apa??

Posted by wiby Friday, September 4, 2009 0 comments


Ketika sedang asyik menerima tamu, rapat atau nonton film tiba-tiba kebelet kencing padahal Anda merasa baru saja buang air kecil. Gangguan sering kecing (urinary frequency) atau poliuria ini ternyata dialami banyak orang.

Rata-rata setiap orang buang air kecil sebanyak tujuh kali sehari, jika lebih atau kurang dari itu bisa menandakan ada masalah. Banyak orang memilih menahan pipis karena alasan capek bolak balik ke kamar mandi.

Tapi sebaiknya jangan melakukan itu. Terlalu lama menunda buang air kecil bisa meningkatkan peluang terkena infeksi saluran kencing.

Kandung kemih yang sangat penuh akan merentangkan dan melemahkan otot-otot pengontrol buang air yang menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak selesai. Urine lama yang tertinggal di kandung kemih merupakan lahan yang subur untuk tempat tumbuhnya bakteri.

Joan Liebmann-Smith Ph.D dan Jacqueline Nardi Egan dalam tulisannya Body Sign, How to Be Your Own Diagnostic Detective, seperti dikutip Jumat (4/9/2009) mengulas beberapa penyebab sering kencing.
1.Sering kencing baik pada laki-laki maupun perempuan terutama kalau diiringi rasa haus adalah tanda peringatan awal yang sangat umum adanya diabetes.
2.Sering kencing juga merupakan tanda paling khas adanya suatu kehamilan.
3.Sering kencing juga menandakan adanya infeksi saluran kencing atau PMS.
4.Sedangkan pada perempuan lanjut usia (lansia) sering kencing adalah tanda menopause yang paling umum. Ketika tingkat estrogen turun, lapisan uretra menipis dan otot yang mengelilingi pelvis melemah.
5.Tetapi jika pada laki-laki lansia sering kencing mungkin tanda salah satu masalah prostat yang membesar atau benign prostatic hyperplasia (BHP). Pembesaran prostat menekan uretra dan menghalagi aliran urine. Akibatnya kandung kemih tidak bisa kosong dengan cepat atau seutuhnya dan laki-laki itu sering merasa ingin kencing lagi.
6.Sering kencing malam (nokturia) adalah peringatan terhadap reaksi terhadap obat-obatan yang dikonsumsi, minuman diuretik (menyerap air), penggunaan obat jantung atau obat psikitaris. Nokturia juga bisa menandakan penyakit ginjal bahkan gagal jantung.
7.Terlalu banyak minum cairan kafein, bir atau alkohol juga menjadi pemicu sering kencing.

Jika Anda mengalami infeksi saluran kencing maka tanda-tandanya adalah:
1.Rasa perih ketika pipis
2.Merasa perlu buang air lebih sering dari pada biasanya
3.Merasa perlu buang air tapi tidak bisa atau hanya keluar sedikit-sedikit
4.Urine yang bocor
5.Urine yang berbaru, berwarna keruh dan gelap.

Sedangkan kelainan kencing jika terkana pembesaran prostat tanda-tandanya adalah:
1.Sering buar air
2.Merasa terdesak untuk buang air
3.Urine tidak lekas keluar
4.Urine terus mengucur bahkan ketika merasa sudah selesai
5.Merasa seolah kandung kemih belum sepenuhnya kosong setelah buang air.��
Normalnya, pada orang yang sehat, urine hampir steril dan tidak berbau ketika keluar dari tubuh. Urine yang sehat adalah yang bening, agak kuning dan tidak berbusa. Cara untuk membantu menghindari kencing yang tidak disengaja adalah melakukan senam Kegel. Latihan ini membantu menguatkan otot-otot bawah pelvis, yaitu otot yang mengontrol kandung kemih.

| edit post


Puasa selain yang dilakukan umat muslim di bulan Ramadan juga dilakukan penganut agama lain. Tokoh India, Mahatma Gandhi pun kerap melakukan puasa, namun yang ia lakukan adalah water fasting atau puasa air.
Gandhi percaya bahwa puasa air bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Namun bagaimana seseorang bisa bertahan hidup hanya dengan mengonsumsi air?

Sejarah mencatat beberapa tokoh yang sering melakukan puasa, diantaranya Hippocrates, Socrates, Plato dan juga Mahatma Gandhi. Mereka percaya bahwa selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga punya manfaat untuk penyembuhan penyakit.

Puasa air hanya minum air putih total tanpa ada asupan zat-zat lain seperti karbohidrat, protein dan lainnya. Gandhi biasa melakukan puasa air selama 20 hingga 40 hari lamanya. Ajaibnya, meski hanya mengonsumsi air dan tidak mendapat asupan makanan apapun, Gandhi masih bisa bertahan hidup.

"Sebenarnya manusia memang bisa bertahan hidup hanya dengan air. Untuk mencapai suatu kondisi kelaparan yang sangat kronis dan menyebabkan kematian, butuh waktu yang sangat panjang sekali. Nggak akan tiba-tiba anjlok," ujar dr. Angela C. Ardhianie N, ketika ditemui dalam acara Healthy Fasting, Do's and Dont's di Miniapolis Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat malam (4/9/2009).

Gandhi selalu memegang prinsip bahwa makan berlebihan akan melukai tubuh, dan satu-satunya cara menyembuhkan diri adalah dengan berpuasa. Menurutnya, puasa adalah terapi natural yang baik untuk masalah kesehatan, memberi waktu tubuh beristirahat dan upaya detoksifikasi alami. Dan puasa air yang ia lakukan ternyata tidak terbukti membuatnya sakit, justru ia merasa lebih sehat.

dr. Angela pun membenarkan bahwa puasa air sangat baik bagi mereka yang ingin menyembuhkan diri secara alamiah. "Puasa air yang dilakukan Gandhi merupakan contoh bahwa air adalah media yang bisa mempertahankan dan memperbaiki sistem metabolisme secara alami, namun bila seseorang ingin melakukan puasa air sebaiknya dibarengi dengan konsultasi ke dokter untuk mempersiapkan kondisi tubuh sebelum melakukannya," ujar Angela.

Namun bagaimana jika seseorang ingin melakukan puasa air sedangkan tubuhnya sakit? "Kalau lagi sakit biasanya kita dipaksa makan yang banyak untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tapi justru itu salah karena organ-organ tubuh hanya akan bekerja lebih keras dan membuatnya lebih terluka," ujar Angela.

"Yang benar adalah makanlah apa yang harus dimakan ketika sakit, terutama buah-buahan, jika tidak kuat hanya akan mengonsumsi air," jelas Angela.

Melakukan water fasting memang tidak mudah, butuh tekad kuat dan pikiran positif untuk melakukannya. Tidak semua orang tahan hanya dengan mengonsumsi air. Namun beberapa studi sudah membuktikan bahwa puasa air memang baik untuk kesehatan, diantaranya:
1.Membersihkan saluran pernafasan, pencernaan, dan urin berlebih dalam tubuh yang bisa menjadi racun.
2.Air membersihkan racun lebih cepat diantara semua media pembuang racun lainnya karena organ pencernaan lebih mudah menerima dan dilalui oleh air.
3.Terbukti efektif dan baik untuk penyakit diabetes tipe 2, obesitas, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
4.Meningkatkan sel-sel kekebalan dan level imunoglobulin.
5.Menurunkan kompleks antigen-antibodi yang akan meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh radikal bebas alami dalam tubuh.
6.Memperpanjang umur.
7.Menghentikan alergi, asma dan demam.
8.Menyembuhkan penyakit edema dan perut buncit.
9.Menormalkan tekanan darah dalam dua minggu tanpa menggunakan obat-obatan.
10.Mengatasi kecanduan nikotin, alkohol, kafein, dan obat-obatan lainya serta memperbaiki kebiasaan buruk.
11.Meningkatkan kolesterol baik HDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung, kanker dan lainnya.
12.Memberi motivasi untuk lebih membersihkan diri dan menempuh jalan hidup yang lebih baik.

Jadi, berani coba water fasting ala Gandhi?

| edit post