Followers

Sering-seringlah Mengajak Bayi Bicara

Posted by wiby Tuesday, March 30, 2010 0 comments

Beberapa bulan sebelum bayi bisa berbicara dengan baik, maka kata-kata yang sering didengarnya akan memiliki peran yang penting dalam perkembangan otaknya. Studi terbaru menunjukkan seringnya orangtua mengajak bayi berbicara dapat meningkatkan kekuatan otaknya.

Meskipun bayi baru berusia 3 bulan, kata-kata bisa memiliki efek yang besar di dalam pikirannya dibandingkan dengan suara-suara seperti musik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang sering mendengar kata-kata langsung akan lebih mampu mengelompokkan gambar-gambar tertentu dibandingkan bayi yang hanya mendengarkan nada-nada saja.

Sekitar 50 bayi laki-laki dan perempuan yang berusia 3 bulan ditunjukkan serangkaian gambar seperti ikan dan disertai dengan kata-kata ataupun hanya nada saja. Kemudian bayi-bayi ini ditunjukkan gambar ikan dan gambar dinosaurus secara berdampingan lalu peneliti mengukur berapa lama bayi melihat setiap gambar.

Ternyata didapatkan bayi lebih lama melihat gambar ikan dibandingkan dengan dinosaurus, hal ini menunjukkan bahwa bayi telah mengelompokkan gambar ikan di dalam pikirannya. Namun bayi yang mendengarkan kata-kata akan melihat gambar ikan dalam waktu yang lebih lama. Hasil penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Child Development.

"Untuk bayi yang masih muda yaitu sekitar 3 bulan, maka kata-kata akan memiliki pengaruh yang khusus dalam mendukung kemampuannya untuk membentuk suatu kelompok atau kategori tertentu," ujar peneliti Susan Hespos, dari Northwestern University di Illinois, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (26/3/2010).

Sementara itu Sandra Waxman, rekan penulis menuturkan pembicaraan manusia terutama yang diarahkan langsung ke bayi akan membuat bayi memberikan perhatian lebih pada benda-benda disekitarnya sehingga meningkatkan perkembangan otaknya.

"Seiring berjalannya waktu, efek umum dari perhatian yang diberikan bayi terhadap kata-kata yang sering didengarnya akan semakin halus. Sehingga lama kelamaan bayi akan bisa memisahkan kata dan jenis katanya untuk makna tertentu," ujar Waxman.

Namun, kemampuan yang luar biasa dari otak bayi tidak berhenti sampai disana. Penelitian sebelumnya menyimpulkan bayi dapat berkomunikasi dengan pikiran yang kompleks pada usia 12 bulan. Peneliti di Jerman menunjukkan bayi laki-laki dan perempuan yang berusia 1 tahun sudah mampu memahami pikiran orang dewasa.

Sebenarnya bayi sudah dapat mendengar apa yang dibicarakan oleh orangtuanya sejak masih berada di dalam rahim. Sehingga jika bayi sudah sering diajak berbicara sejak masih usia muda, maka kemampuan otaknya untuk berkembang akan semakin meningkat. Karena itu sering-seringlah mengajak bicara bayi Anda.

| edit post

Memilih nama yang tepat bagi sang buah hati adalah tugas yang gampang-gampang susah. Karena nama adalah sesuatu yang dibawa si kecil seumur hidupnya. Ikuti beberapa tips cerdas dalam memberikan nama untuk sang buah hati.

Tak sedikit orangtua yang merasa bingung dalam memberikan nama untuk anaknya, biasanya orangtua takut nama tersebut menjadi beban bagi anak.

Dalam pemilihan nama terkadang tidak hanya melibatkan orangtua saja, tapi kerabat, keluarga atau teman juga bisa memberikan saran dan ide-ide untuk nama si bayi.

Meskipun demikian, keputusan akhir untuk nama bayi tetap terletak pada orangtua. Karena itu tak ada salahnya untuk mulai mencari nama anak sejak jauh-jauh hari.

Ada beberapa hal yang turut dipertimbangkan dalam memutuskan sebuah nama untuk bayi, seperti arti dari nama, menghindari inisial yang memalukan serta bagaimana nama panggilan untuk si kecil nantinya.

Seperti dikutip dari Babycenter dan Parents, Rabu (31/3/2010) ada beberapa poin yang perlu diperhatikan orangtua dalam memilih nama bayi, yaitu:

1. Hindari nama yang membuat bingung jenis kelamin
Nama-nama tertentu memang bisa digunakan untuk jenis kelamin pria dan wanita. Sebaiknya memberikan nama yang sudah jelas untuk jenis kelaminnya. Nama internasional Courtney atau Aubrey sebenarnya lebih sering digunakan untuk nama wanita tapi beberapa orangtua memakai nama itu untuk anak lelaki, kasihan si kecil kalau terus-terusan disangka perempuan padahal dia lelaki.

2. Jangan terpengaruh nama-nama orang top
Memberikan nama artis yang sedang populer saat ini mungkin terdengar keren. Tapi kadang-kadang kelakuan selebritas yang ditiru berperilaku negatif seperti mabuk-mabukan atau narkoba. Kasihan si anak jika namanya seperti artis yang bermasalah.

3. Buatlah nama yang sederhana jangan terlalu panjang
Banyak anak-anak sekolah saat ini yang memiliki nama terlalu panjang, belum lagi jika ia harus membawa nama keluarga. Bayangkan jika si kecil harus menulis nama lengkapnya dalam setiap formulir atau kertas ujian yang menggunakan bulatan-bulatan huruf berapa banyak waktu yang harus dihabiskan.

4. Ejaan yang jelas
Banyak orangtua yang membuat nama anaknya dengan ejaan yang dibuat sendiri agar terkesan beda. Misalkan nama Susilo dibuatnya menjadi Shoosilow. Jika mereka berinteraksi dengan orang lain tentu yang mendengar nama Susilo akan mengeja dengan ejaan biasa, dan ini akan menjadi pekerjaan si anak seumur hidupnya untuk mengoreksi kesalahan nama yang ditulis orang.

Sementara pemilihan nama bisa dilakukan dengan pertimbangan:

1. Indah dan serasi
Bagaimana suatu nama terdengar saat ada seseorang yang memanggil adalah salah satu hal yang harus dipikirkan. Usahakan untuk mencari kecocokan dengan nama terakhir keluarga, atau antar kata terdengar indah jika digabungkan dalan sebuah nama.

2. Unik
Nama yang tidak biasa memiliki keunggulan yang membuat anak berbeda dari nama-nama umum lainnya, seperti tidak memiliki nama yang sama saat disekolah. Namun, nama unik ini harus tetap enak di dengar, serasi dan gampang dieja. Selain itu hindari nama unik yang aneh atau sulit diucapkan yang bisa menjadi bahan ledekan anak-anak.

3. Nama keluarga dan keturunan
Nama keluarga adalah sesuatu hal yang penting untuk mengetahui keturunan dari anak tersebut. Terkadang ada keluarga yang memberikan nama sesuai urutan kelahiran atau tradisi keluarga.

4. Memiliki arti positif.
Makna dari nama terkadang bisa mempengaruhi kehidupan si anak nantinya. Berilah anak dengan nama yang mengandung makna positif serta hindari nama-nama yang memiliki arti buruk. Terlebih sebuah nama akan dibawa anak sepanjang hidupnya.

5. Memperhatikan inisial dan nama panggilan
Usahakan orangtua menghindari nama yang dapat memicu julukan-julukan tertentu sehingga bisa memalukan anak. Serta carilah inisial nama yang unik dan nama panggilan yang mudah diingat atau mudah diucapkan.

Tidak ada satupun peraturan yang sulit dalam memilih nama untuk anak Anda. Tapi satu hal yang pasti dan harus diingat dalam memberikan nama untuk si buah hati adalah Anda dan pasangan sama-sama menyukai nama tersebut dan yakin nama itu cocok disandangnya hingga dewasa.

| edit post

Mengatasi Pusing dan Pingsan Saat Hamil

Posted by wiby Friday, March 26, 2010 0 comments

Kehamilan adalah saat ketika banyak perubahan hormon terjadi di dalam tubuh. Jadi mungkin ada beberapa konsekuensi yang tak diinginkan dari perubahan hormon tersebut. Salah satunya adalah keluhan sering pusing dan pingsan selama kehamilan.

Tak jarang wanita hamil merasa pusing bahkan pingsan. Ketika hamil, sistem kardiovaskular mengalami perubahan dramatis, seperti detak jantung naik, jantung memompa lebih banyak darah per menit dan jumlah darah dalam tubuh bertambah sebesar 40 hingga 45 persen.

Selama kehamilan normal, tekanan darah secara bertahap berkurang pada awalnya dan mencapai titik terendah di tengah kehamilan. Kemudian mulai naik, kembali ke tingkat regulernya pada akhir kehamilan.

Sebagian besar waktu, sistem kardiovaskular dan sistem saraf mampu menyesuaikan diri dengan semua perubahan ini, tetapi kadang-kadang mereka tidak mampu. Ketidakmampuan itu dapat membuat wanita hamil merasa pusing atau bahkan pingsan. Jika pingsan, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah, dan harus segera menghubungi dokter.

Seperti dilansir dari BabyCenter, Selasa (23/3/2010), ada beberapa penyebab umum pusing dan pingsan selama kehamilan, yaitu:

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di ekstremitas bawah, yaitu kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Akibatnya, tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pusing karena jumlah darah dan oksigen di dalam otak tidak mencukupi.

Salah satu cara untuk menghindari pingsan selama kehamilan adalah dengan menghindari berdiri tiba-tiba, dan meloncat dari kursi atau tempat tidur.

Ketika berbaring, duduk perlahan-lahan dan duduk selama beberapa menit dengan kaki menjuntai di sisi tempat tidur atau sofa. Lalu perlahan-lahan bangkit dari duduk untuk berdiri.

Ketika perlu berdiri untuk waktu yang lama, gerakkan kaki untuk melancarkan sirkulasi. Mengenakan stoking juga dapat membantu sirkulasi di bagian bawah tubuh.

2. Berbaring dengan punggung (Telentang)

Saat kehamilan berlanjut, khususnya selama trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim dapat menyebabkan penurunan sirkulasi di kaki bagian bawah. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada vena kava inferior (vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung) dan vena panggul.

Ketika seorang wanita hamil berbaring telentang dalam waktu lama, ini bisa memperburuk masalah. Bahkan, sekitar 8 persen dari ibu hamil di trimester kedua dan ketiga mengembangkan suatu kondisi yang disebut sindrom telentang hypotensive.

Sindrom telentang hypotensive yaitu kondisi dimana telentang untuk jangka waktu lama dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, penurunan tekanan darah, yang menyebabkan gejala kegelisahan, mual, sakit kepala ringan, dan lainnya.

Untuk menghindari masalah ini, berbaringlah di sisi bukan telentang. Kedua sisi lebih baik daripada telentang, walaupun sisi kiri adalah yang terbaik. Bantal yang ditempatkan di bawah punggung atau di bawah pinggul dapat membantu tetap berada di sisi, atau setidaknya cukup miring untuk menjaga rahim dari tekanan vena kava.

3. Tidak cukup makan dan minum

Banyak wanita hamil cenderung merasa mual karena morning sickness, sehingga mereka malas untuk makan atau minum. Hal itu dapat menyebabkan gula darah rendah atau yang disebut hipoglikemia, yang dapat membuat pusing atau pingsan selama kehamilan.

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kebutuhan gizi dan oksigen dalam tubuh, dengan demikian, nutrisi yang tidak memadai dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Pastikan wanita hamil tetap sehat, dan terhindar dari hidrasi dengan meminum delapan hingga sepuluh gelas air per hari, terlebih jika sedang olahraga atau merasa panas.

Cobalah untuk menjaga gula darah agar tidak terlalu rendah dengan makan makanan kecil. Bawalah makanan ringan yang sehat sehingga bisa segera makan ketika merasa lapar.

4. Anemia

Anemia merupakan masalah umum pada kebanyakan wanita hamil. Anemia menyebabkan penurunan sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak dan organ-organ lain. Hal ini menimbulkan perasaan pening dan pusing.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia, jadi pastikan untuk memakan makanan yang kaya zat besi dan konsumsi vitamin dengan zat besi dan multivitamin, terutama dalam trimester kedua dan ketiga.

5. Kepanasan

Menghabiskan waktu di ruangan yang sangat panas atau mandi air panas dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, menurunkan tekanan darah dan menyebabkan pusing dan pingsan selama kehamilan.

Jika wanita hamil merasa pusing karena terlalu panas, hindari tempat-tempat keramaian yang pengap dan berpakaian berlapis-lapis. Cukup mandi air hangat, bukan yang panas, dan mencoba untuk menjaga kamar mandi tetap dalam keadaan dingin.

6. Hiperventilasi

Olahraga berlebihan atau segala jenis aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan hiperventilasi. Hal ini bisa mengakibatkan kecemasan, sesak napas dan pusing, yang dapat menyebabkan pingsan selama kehamilan. Meskipun olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi darah, orang tidak boleh berlebihan, terutama jika seorang wanita tidak merasa sangat baik.

7. Vasovagal syncope

Kadang-kadang, wanita merasa pusing ketika terjadi regangan untuk batuk, buang air kecil atau buang air besar. Tindakan ini pada akhirnya mendorong suatu respon vasovagal, di mana terdapat penurunan tekanan darah akibat tindakan saraf vagus.

Hal ini menyebabkan penurunan denyut jantung, pusing dan kelelahan, juga pingsan. Jika gejala ini terjadi berulang-ulang, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter, sehingga dapat didiagnosis dan diobati.

Dehidrasi, kecemasan, dan rasa sakit juga dapat memicu reaksi jenis ini, dan wanita hamil lebih rentan terhadap itu. Peringatan ringan dan tanda-tanda seperti perasaan hangat, pucat, berkeringat, mual, menguap, dan hiperventilasi sering mendahului vasovagal syncope. Perhatikan tanda-tanda ini dan berbaring segera untuk membantu menjaga diri dari pingsan.


Tidak peduli apa pun penyebabnya, wanita hamil harus segera berbaring bila merasa pusing, sehingga tidak jatuh dan melukai diri sendiri jika terjadi pingsan.

Jika sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk berbaring, duduk dan cobalah untuk meletakkan kepala di antara lutut. Dan tentu saja, jika sedang melakukan sesuatu yang mungkin membuat si wanita hamil atau orang lain berisiko cedera, seperti mengemudi, segeralah berhenti.

Berbaring pada sisi kiri akan memaksimalkan aliran darah ke jantung dan juga otak. Kemungkinan akan menghindarkan dari kondisi pingsan dan mungkin dapat meringankan sensasi pusing tersebut.

Merasa pusing karena panas, kelaparan, atau bangun terlalu cepat mungkin menjadi bagian dari wanita hamil. Namun, jika langkah-langkah sederhana yang dibahas di atas tidak menghilangkan masalah atau jika seorang wanita hamil mempunyai keprihatinan apapun, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter.

Jika pusing disertai sakit kepala parah, penglihatan kabur, gangguan berbicara, jantung berdebar-debar, mati rasa, kesemutan, atau perdarahan, atau jika benar-benar pingsan, segeralah hubungi dokter. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi ibu atau bayinya.

Awal kehamilan, sakit perut disertai dengan pusing bisa menjadi tanda kehamilan ektopik. Jika mengalami hal tersebut, juga segeralah hubungi dokter.

| edit post

Saya mau berbagi pengalaman mengenai cara turunkan berat badan ini. Cara ini sudah saya jalani da terbukti memberi hasil yang sangat memuaskan. Saya turun 9kg dalam 2 bulan.

Tips diet menurunkan berat badan yang udah saya jalani adalah :


**Pada saat sarapan kalau bisa pilih menu makanan yang tinggi seratnya ditambah minuman jus jeruk (tanpa gula). Kalau suka minum teh, mendingan minum teh hijau setiap hari dimana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari
Kalau suka minum susu, sebaiknya jangan pilih yang fullcream. Silahkan konsumsi minuman susu yang rendah lemak.

**Perbanyak minum air putih minimal 3 liter/hari atau 1 gelas tiap 1 jam. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.

**Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepat terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.

**Batasi karbohidrat dan perbanyak protein. Makan yang mengandung karbo cukup 1x saja di siang hari, lengkap dengan protein (ikan gading telur) dan sayuran. Makanan tinggi protein sangat baik untuk untuk mengontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi.

Mungkin itu aja tips sederhana mengenai diet sehat anda. Moga tips diet ini bisa dengan cepat dapat membuat anda langsing dan menjadi lebih pede dengan turunnya berat badan. Untuk lebih lengkapnya tips diet tadi ikuti langkah-langkahnya disini.
Reply With Quote

| edit post

Pemicu Mimpi Buruk yang Bikin Stres

Posted by wiby Tuesday, March 23, 2010 0 comments

Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk. Mimpi itu kadang membuatnya terbangun dalam keadaan panik atau takut seperti dikejar-kejar monster atau terlambat datang dalam rapat penting. Mengapa seseorang bisa bermimpi buruk?

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indra lainnya pada saat tidur. Mimpi lebih sering terjadi jika seseorang tidur yang disertai dengan gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM).

Ilmuwan mencoba untuk mengungkapkan makna di balik mimpi-mimpi buruk yang bisa mengganggu tidur dan membuat orang menjadi panik.

Ilmuwan percaya mimpi buruk tidak secara langsung berhubungan dengan kehidupannya saat terjaga, tapi lebih kepada pencerminan emosi atau masalah yang tengah dihadapinya.

Terdapat lima tema mimpi buruk yang paling umum yaitu terjatuh, dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan, merasa lumpuh, terlambat menghadiri sesuatu dan kematian orang yang dicintai.

Selain itu kehilangan gigi atau rambut juga bisa menjadi mimpi yang tidak menyenangkan terutama untuk anak-anak muda.

Sebuah laporan dalam jurnal European Archives of Psychiatry and Clinical Neuroscience menunjukkan bahwa laki-laki lebih cenderung mengalami mimpi buruk tentang kekerasan atau dipecat, sedangkan perempuan cenderung kepada kematian dan pelecehan seksual.

"Mimpi buruk dikejar-kejar monster kemungkinan mencerminkan ketakutan akan tugas tertentu yang harus dihadapi namun berusaha untuk dihindari," ujar peneliti Dr Michael Schredl dari International Association for the Study of Dreams, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (23/3/2010).

Sedangkan mimpi mengenai kehilangan gigi atau rambut yang lebih sering terjadi pada perempuan kemungkinan menandakan kegelisahan tentang penampilan serta adanya kecemasan mengenai sesuatu yang buruk.

Berdasarkan United States National Library of Medicine, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya mimpi buruk yaitu:

  1. Kecemasan dan stress
  2. Alkohol
  3. Obat-obatan
  4. Kandungan lemak pada makanan
  5. Kondisi fisik yang sedang sakit
  6. Perubahan gaya hidup yang terlalu drastis.

Untuk bisa mengalami sebuah mimpi, seseorang harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu, yaitu:
Tahap 1: 4-5 persen, kondisi orang mulai tertidur ringan dan aktivitas otot sedikit menurun.
Tahap 2: 45-55 persen, pola irama jantung dan nafas mulai teratur serta menurunnya temperatur tubuh.
Tahap 3: 4-6 persen, mulai tidur lebih dalam dan otak mulai mempersiapkan untuk menghasilkan gelombang delta.
Tahap 4: 12-15 persen, tidurnya semakin dalam, nafas mulai teratur, aktivitas otot semakin terbatas dan otak sudah menghasilkan gelombang delta.
Tahap 5: 20-25 persen, gerakan mata serta gelombang otak semakin cepat, otot mulai rileks, irama jantung meningkat, napas menjadi cepat dan pendek, maka mimpi pun terjadi.

Karena itu jika ingin menghindari terjadinya mimpi buruk usahakan untuk menghilangkan rasa ketakutan, bersalah, emosi, frustasi atau masa lalu yang tidak menyenangkan. Perasaan ini akan membebani seseorang sehingga terbawa ke dalam mimpi.

| edit post

Kebiasaan Minum Air yang dianggap Mitos

Posted by wiby Sunday, March 21, 2010 0 comments

Air penting bagi tubuh. Jika kebutuhan air terpenuhi dengan baik maka tubuh akan jarang terkena sakit. Tapi seorang ahli ginjal menilai ada kebiasaan-kebiasaan yang dianggap wajib dipatuhi dalam minum air padahal sebenarnya itu belum tentu benar.

Pakar ginjal Dr Stanley Goldfarb University of Pennsylvania dalam penelitiannya yang telah dipublikasikan Journal of the American Society of Nephrology seperti dikutip Kamis (4/3/2010) mengatakan ada anggapan keliru yang beredar di masyarakat soal minum air.

Dia melihat ada lima mitos soal minum air yang begitu dipercaya oleh orang, yaitu:

1. Minum 8 gelas setiap hari
Dr Goldfarb mengaku tidak tahu dari mana datangnya nasihat standar mengenai minum air 8 gelas sehari. "Tidak ada yang benar-benar tahu," kata Dr Stanley Goldfarb, seorang ahli ginjal di University of Pennsylvania.

Menurutnya kebutuhan minum tiap orang berbeda, bisa saja jumlah itu cukup buat seseorang tapi kurang atau kelebihan bagi yang lain. Si pemilik tubuh yang tahu persis berapa kebutuhan airnya. Gara-gara mitos minum air 8 gelas sehari banyak orang yang merasa bersalah jika tak mencapai minum 8 gelas sehari.

2. Minum banyak air dapat membantu membersihkan racun
Ginjal menyaring racun dari aliran darah. Kemudian racun keluar melalui urin. Pertanyaannya, apakah minum air lebih banyak dapat meningkatkan fungsi ginjal? "Tidak," kata Goldfarb. Bahkan, minum air dalam jumlah besar kemungkinan akan mengurangi kemampuan ginjal sebagai penyaring. Ini merupakan penurunan yang kecil, tapi pasti.

3. Banyak minum sama dengan kulit sehat
Tubuh kita terdiri dari 60 persen air. Jadi, orang dengan berat badan 200 pound, sebesar 120 pound adalah berupa air. Menambahkan beberapa gelas air setiap hari memiliki efek terbatas. "Ini sebagian kecil dari apa yang ada dalam tubuh," kata Goldfarb. Jadi sangat tidak mungkin hal ini dapat menguntungkan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2007 tentang manfaat air untuk kecantikan menunjukkan bahwa 500 ml air meningkatkan aliran darah kapiler di kulit. Tetapi tidak jelas apakah perubahan ini secara klinis signifikan.

4. Minum banyak air dapat menurunkan berat badan
"Air adalah strategi yang sangat besar bagi orang yang ingin diet karena tidak mengandung kalori," kata Madeline Fernstrom dari University of Pittsburgh. Jadi mulut akan tetap sibuk walaupun tanpa makanan dan juga mendapatkan rasa puas. Tetapi menurut Fernstrom air tidaklah ajaib. Pilihan lain untuk diet nol kalori adalah dengan mengurangi minuman soda.

5. Mudah dehidrasi selama latihan
Dehidrasi akan dirasakan ketika seseorang kehilangan 2 persen dari berat tubuhnya. Di tempat panas dan kering kebutuhan air akan meningkat. Pelari maraton, pengendara sepeda motor dan pejalan kaki perlu mengenali tanda-tanda dehidrasi.

American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa atlet minum 16 ons cairan beberapa jam sebelum memulai latihan. Tetapi untuk orang berjalan-jalan di taman, tidak memerlukan sebotol air. Goldfarb pun menyarankan, minumlah hanya ketika Anda haus.

Temuan Goldfarb ini memang berbeda dengan pakar-pakar kesehatan lainnya. Prof Dr Ir Hardinsyah, ahli gizi dan pangan sekaligus dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Petanian Bogor (IPB) mengatakan kekurangan air bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan otak. "Kurang 1 persen saja bisa mengalami gangguan ingatan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara Dr dr Parlindungan Siregar SpPD.KGH, seorang dokter spesialis penyakit dalam di FKUI-RSCM pernah mengatakan ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi, cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang.

Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Dan ketika itu terjadi, otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

Sementara Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS menekankan pentingnya jadwal minum air yang ideal.

Seperti halnya tanaman, menurutnya ada periode yang baik untuk minum karena pengairan yang berlebihan pada tanaman akan membuat tanaman menjadi busuk dan layu. Sehingga ada periode waktu yang sesuai untuk tubuh minum air.

Cara ideal untuk mencukupi kebutuhan air untuk tubuh adalah:

1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.

Diakuinya, kebutuhan minum tiap orang berbeda tapi biasakan untuk minum air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Jika cuaca sangat panas misalnya maka orang akan membutuhkan minum yang lebih banyak. Sebaliknya orang yang mengalami sistem pencernaan lemah dapat mengalami diare jika minum terlalu banyak.

Sekali lagi banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.

| edit post

Hidup Kesepian Naikkan Tekanan Darah

Posted by wiby Saturday, March 20, 2010 0 comments

Perasaan kesepian yang kronis bisa mendorong tekanan darah dari waktu ke waktu meningkat. Peneliti menemukan kaitan yang erat perasaan kesepian dan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang berisiko membuat orang tersebut terkena serangan jantung dan stroke.

Studi yang dilakukan peneliti Amerika itu menemukan depresi dan stres mendorong kenaikan tekanan darah yang makin terlihat pada orang di usia 50 tahun ke atas. Kesepian itu bukan hanya dialami orang yang tinggal sendiri.

Dr Louise Hawkley, tim peneliti dari Chicago University menemukan orang yang sibuk dan memiliki jaringan sosial yang baik juga bisa mengalami perasaan kesepian kronis yang menempatkannya pada risiko hipertensi.

Orang-orang yang memiliki banyak teman dan jaringan sosial bisa merasa kesepian jika mereka menemukan hubungan pertemanan tidak memuaskan dan menguras emosi sehingga meningkatkan tekanan darah.

Sebaliknya, orang yang punya sedikit teman bisa terhindar dari kesepian jika hubungan tersebut bermakna dan bermanfaat.

"Kesepian kerap dicirikan dengan bagaimana motivasi berhubungan dengan orang lain, tetapi juga karena takut evaluasi negatif, penolakan dan kekecewaan," Dr Hawkley seperti dilansir dari dailymail, Jumat (19/3/2010).

Penelitian dilakukan terhadap 229 orang berusia 50 hingga 68 tahun. Partipisan ditanya beberapa pertanyaan seperti berapa banyak jumlah orang yang ada di sekitarnya, apakah hubungan sosialnya dangkal dan lainnya.

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darahnya mencapai 140/90 mm/Hg. Hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang mengalami kesepian mengalami kenaikan tekanan darah hingga 14,4 mm/hg.

Peneliti mengkhawatirkan kesepian menjadi ancaman rasa tidak aman yang menyebabkan perubahan fungsi fisiologis termasuk tekanan darah yang meninggi. Jika tidak dikendalikan tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

| edit post

Membunuh Kanker Dengan Ekstrak Daun Pepaya

Posted by wiby Thursday, March 18, 2010 0 comments

Berbagai pengobatan alami diklaim bisa melawan sel-sel kanker. Peneliti menemukan ekstrak daun pepaya bisa efektif melawan berbagai tumor dan menjadi pengobatan tradisional.

Peneliti Nam Dang dari University of Florida dan rekannya dari Jepang mendokumentasikan efek anti kanker dari pepaya terhadap tumor leher rahim, payudara, hati dan pankreas. Laporan penelitian ini juga telah dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology.

Para peneliti menggunakan ekstrak yang dibuat dari daun pepaya kering dan ternyata efek yang dihasilkan bisa lebih kuat. Dang dan ilmuwan lainnya menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya bisa meningkatkan produksi molekul sinyal kunci yang disebut sitokin tipe Th1, molekul ini membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

"Hal ini bisa menjadi terapi perawatan untuk melawan sel-sel kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ujar peneliti dalam jurnal yang dirilis bulan Februari lalu, seperti dikutip dari AFP, Rabu (10/3/2010).

Para ilmuwan menuturkan bahwa ekstrak daun pepaya tidak memiliki efek toksik terhadap sel normal, hal ini tentu saja dapat menghindari efek samping yang umumnya selalu timbul pada beberapa pengobatan kanker.

Peneliti menggunakan 10 tipe sel kanker yang berbeda dengan variasi 4 ekstrak daun pepaya dan mengukur efeknya setelah diberikan ekstrak daun pepaya selama 24 jam. Hasil yang ditemukan menunjukkan ekstrak daun pepaya ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker pada semua medium yang berbeda.

Hasil penelitian masih membutuhkan waktu yang panjang dan tentunya akan lebih dikembangkan hingga bisa dilakukan uji klinis terhadap hewan percobaan yang nantinya dapat diujicobakan pada manusia. Jika penelitian ini berhasil, maka akan tercipta suatu pengobatan baru untuk melawan sel kanker dengan menggunakan bahan tradisional.

| edit post

Kematian adalah suatu proses akhir kehidupan yang dialami semua makhluk hidup hanya saja waktunya berbeda-beda. Seperti apa proses kematian yang nantinya akan dialami oleh setiap makhluk hidup?

Tidak mudah memang memprediksikan secara tepat kapan seseorang akan meninggal. Kematian itu sendiri bisa disebabkan sakit, kecelakaan atau sebab lainnya.

Pada kondisi normal seperti orang sakit biasanya seseorang akan menunjukkan gejala yang mengindikasikan bahwa hidupnya akan segera berakhir beberapa minggu lagi seperti dikutip dari Mayoclinic, Kamis (18/3/2010) yaitu:


  1. Merasa gelisah. Seseorang akan merasa tidak tenang serta sulit tidur, selain itu dia akan seringkali mengganti posisi saat tidur karena perasaan gelisah.
  2. Menarik diri. Seseorang tidak ingin lagi terlibat dalam aktifitas sosial ataupun melakukan kegiatan favoritnya.
  3. Sering mengantuk. Seseorang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur.
  4. Kehilangan nafsu makan. Seseorang hanya akan makan dan minum dalam jumlah sedikit dan berbeda dari biasanya.
  5. Mengalami jeda saat bernapas. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang sedang tidur ataupun terjaga.
  6. Luka yang sulit sembuh. Luka atau infeksi yang dialami mengalami kesulitan untuk disembuhkan.
  7. Pembengkakan. Pada beberapa orang terjadi pembengkakan di daerah tangan, kaki atau bagian tubuh lain.

Proses sekarat mulai terjadi ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Sel yang berbeda akan memiliki kecepatan kematian yang berbeda pula, sehingga panjangnya proses seseorang sekarat tergantung pada sel-sel yang kekurangan oksigen ini.

Sedangkan otak memerlukan oksigen dalam jumlah yang besar dan hanya memiliki sedikit oksigen cadangan. Sehingga jika asupan oksigen berkurang maka akan mengakibatkan kematian sel dalam waktu 3-7 menit saja.

Beberapa tanda yang ditunjukkan oleh orang yang sekarat adalah lebih banyak tidur, hal ini untuk menghemat energi yang tinggal tersisa sedikit di tubuh. Ketika energi tersebut hilang, maka seseorang akan kehilangan nafsu untuk makan ataupun minum. Proses menelan pun menjadi sulit dan mulut akan sangat kering, sehingga memaksa orang yang sekarat untuk minum akan membuatnya tersedak.

Selain itu orang yang sekarat akan kehilangan kontrol pada kandung kemih dan ususnya, sehingga seringkali terlihat mengompol. Orang akan merasa bingung, gelisah dan tidak tenang karena tidak dapat bernapas dengan teratur. Ketika sel-sel di dalam tubuh mulai kehilangan sambungan, maka akan mengalami kejang otot.

Kematian akan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulai sedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas seperti lengan, bibir dan kuku. Selain itu orang menjadi tidak responsif, meskipun matanya terbuka tapi memiliki tatapan mata kosong atau tidak melihat sekelilingnya.

Setelah itu pernapasan akan terhenti sama sekali dan diikuti oleh berhentinya kerja jantung, maka secara klinis orang tersebut sudah mati karena tidak ada sirkulasi dan cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel di tubuh. Namun kematian klinis bisa dikembalikan melalui proses CPR (napas bantuan), transfusi atau ventilator. Tapi jika 4-6 menit setelah kematian klinis tidak ada perubahan, maka itu artinya jantung sudah tidak bisa bekerja lagi.

Karena jantung sudah tidak bekerja, maka secara otomatis aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak juga akan terhenti. Akibat tidak adanya asupan oksigen dan darah ke otak, maka dalam hitungan beberapa detik otak juga akan mati dan disitulah akhir dari perjalanan hidup seorang manusia.

| edit post

Kapan si Putri Dapat Menstruasi Pertama?

Posted by wiby Sunday, March 14, 2010 0 comments

Menstruasi adalah proses alami yang dialami perempuan. Kapan biasanya anak perempuan 'datang bulan' pertama kali? Adakah umur yang ideal? Bagaimana jika sudah masuk umurnya belum juga kedatangan si tamu bulanan?

Setiap anak perempuan memiliki waktu menstruasi pertama kali yang berbeda-beda. Ada yang terjadi saat masih di sekolah dasar atau ada juga yang mengalaminya saat sudah memasuki sekolah menengah pertama. Faktor ini biasanya didasarkan pada kapan terjadinya kematangan sel telur dari setiap perempuan.

Seperti dikutip dari Womenshealth, Senin (15/3/2010) usia rata-rata seorang putri mengalami menstruasi pertama adalah saat usia 12 tahun.

Tapi tidak berarti setiap perempuan mendapat menstruasi di usia yang sama, seorang anak perempuan bisa mendapatkan menstruasi pertamanya antara usia 8-15 tahun. Sebagian besar perempuan mendapatkan menstruasi pertama 2 tahun setelah payudaranya mulai tumbuh.

Pada saat menstruasi tingkat hormon estrogen mulai meningkat. Estrogen memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan perempuan. Estrogen juga membuat lapisan rahim tumbuh dan menebal, lapisan ini adalah tempat untuk memberi makan embrio jika terjadi kehamilan.

Pada saat lapisan rahim berkembang, sel telur di salah satu indung telur akan mulai matang. Sekitar hari ke-14 dari rata-rata siklus 28 hari, maka sel telur akan meninggalkan ovarium (ovulasi) dan bergerak menuju tabung tuba di rahim. Jika sel telur tidak dibuahi, ia akan hancur dan kadar hormon menurun serta lapisan rahim menebal, inilah yang dialami jika sedang menstruasi.

Perempuan biasanya akan mendapatkan menstruasi secara rutin setiap bulannya hingga ia mengalami menopause. Menopause terjadi antara usia 45-55 tahun dan umumnya terjadi sekitar usia 50 tahun. Pada masa itu seorang perempuan tidak lagi memproduksi sel telur (ovulasi) sehingga tidak mungkin lagi untuk hamil.

Jika seorang gadis belum juga mendapatkan menstruasi saat usianya sudah 15 tahun atau sudah lebih dari 2-3 tahun sejak payudaranya mulai tumbuh, maka sebaiknya ia mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter

Seorang perempuan harus mengonsultasikan ke dokter jika belum mendapat menstruasi hingga usia 15 tahun, jangka waktu menstruasi tiba-tiba berhenti hingga 90 hari, memiliki periode menstruasi yang tidak teratur, mengalami sakit yang parah saat menstruasi, mengalami menstruasi hingga lebih dari 7 hari atau mengalami menstruasi yang hebat hingga membutuhkan lebih dari satu pembalut setiap 1-2 jam.

| edit post

Cerdas Dengan Tidur Siang

Posted by wiby Saturday, March 6, 2010 0 comments

PENELITIAN terbaru menunjukkan, tidur siang terbukti mampu membuat seseorang menjadi lebih pintar. Tidur siang dapat menyegarkan dan mendongkrak kemampuan kapasitas otak untuk belajar secara dramatis.

Mungkin bagi Anda yang terlampau sibuk, sulit menggunakan waktu barang sebentar untuk tidur siang. Namun, mulai saat ini kegiatan itu sebaiknya diprioritaskan. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa seseorang yang tidur siang mampu menyegarkan kembali kemampuan otak untuk belajar. Tubuh Anda juga akan lebih bugar sesudahnya.

Peneliti yang juga asisten profesor psikologi di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, Matthew Walker PhD mengatakan, dari hasil studi ini menunjukkan partisipan yang melakukan tidur siang memiliki performa otak yang lebih baik di sore harinya. Penemuan ini dia presentasikan minggu lalu di acara tahunan the American Association for the Advancement of Science di San Diego, Amerika Serikat.

”Kemampuan otak untuk belajar sebuah informasi baru tidak stabil sepanjang hari. Bagian otak yang menyimpan memori bisa jadi tersumbat di satu hari itu, seperti inbox e-mail yang telah penuh di komputer Anda,” katanya seperti dikutip Webmd.

Para peneliti mendapati bahwa tidur siang selama sejam saja sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari fakta-fakta baru dalam jam-jam berikutnya. Di sisi lain, semakin lama kita bertahan untuk melek, semakin lamban pikiran kita.

Penemuan baru ini mendukung data sebelumnya dari tim peneliti yang sama bahwa begadang semalaman bisa mengurangi kemampuan untuk memasukkan hal-hal baru hampir sebanyak 40 persen. Hal ini disebabkan penutupan bagian-bagian otak selama kita kehilangan waktu tidur.

Ketika kemampuan otak untuk menyerap pelajaran terus memburuk di tengah hari, terang Walker, dengan kegiatan tidur siang diketahui dapat membuang memori otak lama yang tidak terlalu penting agar memberi ruang bagi informasi yang baru. ”Tidur tidak hanya untuk tubuh. Itu juga berguna untuk otak,” tegasnya.

Beberapa tokoh paling berpengaruh di dunia juga dikenal sebagai ”tukang tidur siang”. Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pernah mengklaim bahwa dia hanya tidur empat jam setiap malam, namun selalu tidur sebentar pada siang hari. Sementara itu, Bill Clinton juga selalu menyempatkan diri untuk tidur selama setengah jam sesudah makan siang.

Dalam penelitian ini, Walker dan koleganya mengajak 39 partisipan yang berusia muda, rata-rata 21 tahun. Mereka diberi ujian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penyerapan memori dalam hippocampus–bagian otak manusia tempat menyimpan memori informasi– mereka. Tes dilakukan dengan cara mencocokkan foto seseorang dan namanya. Kegiatan ini dilakukan pada sore hari, usai jam tidur siang.
?
Para peneliti membagi partisipan menjadi dua grup yaitu kelompok yang tidur siang dan yang tidak. Pada jam dua siang, grup pertama diberi kesempatan untuk tidur siang selama 90 menit. Sementara sisanya dibiarkan terjaga.

Lalu, pada pukul enam sore, tes mulai dijalankan. Hasilnya, orang yang masuk dalam kelompok tidak tidur siang mengalami penurunan sekitar 10 persen pada kemampuan belajar mereka di siang hari. Sementara kelompok yang tidur di siang hari, malah meningkat hingga 10 persen.

Riset juga menemukan bahwa waktu total tidur di siang hari baik selama 90 menit atau lebih tidak terlalu memengaruhi kinerja otak manusia. Namun yang menarik, fase tidur non-bermimpi ternyata mampu meningkatkan memori menjadi lebih baik.

Dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa sebelum belajar, seharusnya Anda tidur terlebih dahulu. Sama seperti sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa tidur setelah belajar juga penting untuk memperkuat penyerapan informasi yang telah dipelajari.

Dalam penelitian sebelumnya, Walker dan kolega lainnya telah menemukan fakta bahwa semua memori informasi yang kita dapat disimpan dalam hippocampus yang kemudian dikirim ke sebuah bagian otak yang dikenal sebagai prefrontal cortex, yang ditengarai memiliki area penyimpanan yang lebih luas.

”Mungkin yang terjadi selama ini hippocampus sebenarnya adalah stasiun transit untuk memori di dalam otak,” ujar Walker. Hippocampus bisa menyerap semua informasi dalam jumlah yang besar, namun suatu waktu karena kelebihan beban, ”dia” juga perlu mentransfer informasi tersebut ke prefrontal cortex.

Seseorang yang tidur sebelum belajar, terang Walker, dapat membantu membersihkan hippocampus dari sejumlah memori dan mengirimkan data tersebut ke prefrontal cortex sehingga memungkinkan dia untuk menerima informasi yang baru.

”Yang baru dan menarik, penelitian ini menunjukkan bahwa tidur, di samping membantu proses konsolidasi memori, juga membantu otak untuk mempelajari informasi baru,” kata Jessica Payne PhD, seorang asisten profesor psikologi di University of Notre Dame di Indiana, Amerika Serikat, yang juga meneliti persoalan ini.

Menurut dia, sebuah memori memiliki tiga tahapan. Pertama, menerima memori awal, setelah Anda belajar sesuatu yang baru. Kedua, memori penyimpanan atau konsolidasi. Dan yang terakhir, memori pengambilan.

Payne mengatakan, sebagian besar penelitian soal tidur difokuskan pada proses konsolidasi, meskipun studi baru ini melihat bagaimana tidur memengaruhi penerimaan memori di awal tahap. Temuan studi baru ini, lanjut dia, mungkin jawaban bagi para orangorang tua yang merasa memori mereka singkat atau seorang yang pelupa. Tidur siang singkat dapat membantu mereka belajar dan mengingat sesuatu di kemudian hari.

Baik Walker maupun Payne mengakui bahwa 90 menit tidur di waktu siang mungkin dianggap tidak layak bagi banyak orang. ”Tetapi mungkin pada suatu saat tidur siang singkat di tengah hari akan menjadi kebiasaan yang akhirnya menguntungkan,” kata Payne.

| edit post

Sehat Dengan Hipnoterapi

Posted by wiby Wednesday, March 3, 2010 0 comments

SEHAT tak semata-mata berhubungan dengan fisik. Seseorang dikatakan sehat jika ia berada dalam kondisi psikologis yang prima. Untuk yang satu ini, hipnoterapi bisa Anda coba.

Perasaan resah dan gelisah sepertinya sudah menjadi teman akrab Mutia Riyadi, 32, beberapa tahun terakhir ini. Statusnya yang masih lajang sangat mengganggu perempuan karier ini. Malah, ia terkadang merasa kehilangan gairah hidup. Selintas Mutia terlihat sehat, tetapi sebenarnya secara psikis, perempuan ini tidaklah sesehat fisiknya.

Namun, kini setidaknya keresahan yang selama ini mengganggu pikirannya sudah mulai hilang, sejak ia melakukan hipnosis. ”Setelah tiga kali berkonsultasi, saya merasa lebih sehat dan kembali memiliki gairah hidup,” ungkapnya. Terapi berbasis hipnosis telah membuat hidup Mutia kembali bergairah.

Dikatakan ahli terapi dari Rumah Modifikasi Perilaku, Novian Triwidia Jaya, bahwa pengertian hipnosis yang dibuat oleh US Department of Education, Human Services Division, adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar, diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti.

”Pada 1955, British Medical Association sudah menyatakan bahwa hipnosis layak digunakan untuk mengobati histeria dan digunakan sebagai anestesi atau untuk mengurangi rasa sakit,” tutur hipnoterapis yang mengikuti pendidikan ”Neuro Linguistic Programing Practitioner” dari American Board of NLP di Singapura ini.

Semakin berkembangnya hipnosis untuk kesehatan, pada 2001, Professional Affairs Board of the British Psychological Society menyatakan bahwa hipnosis dapat mengurangi kecemasan, stres, dan masalah psikologis lainnya. Dalam perkembangannya, hingga saat ini hipnosis sangat membantu dalam mengembangkan performa diri dan proses belajar-mengajar. ”Hipnoterapi merupakan terapi atau pengobatan dengan metode hipnosis,” tandas hipnoterapis yang juga berprofesi sebagai life coach ini.

Novian menuturkan, hipnosis sendiri memiliki beragam definisi. Salah satunya adalah teknik atau praktik dalam memengaruhi orang lain untuk memasuki kondisi trance hipnosis. Hipnosis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi.

Selain itu, hipnosis juga merupakan seni komunikasi untuk memengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya. Dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari beta menjadi alpha dan theta. Hipnosis juga merupakan seni komunikasi untuk mengeksplorasi alam bawah sadar. Hipnosis juga memiliki arti kondisi kesadaran yang meningkat.

Dalam sebuah jurnal di newscientist. com, John Gruzelier, seorang psikolog dari Imperial College di London, melalukan riset menggunakan Fmri, sebuah alat untuk mengetahui aktivitas otak.

Dia menemukan bahwa seseorang yang berada dalam keadaan terhipnosis, aktivitas di dalam otaknya meningkat. Khususnya di bagian otak yang berpengaruh terhadap proses berpikir tingkat tinggi dan perilaku. Dia menyebutkan bahwa manusia mampu melakukan hal-hal yang dia sendiri tidak berani memimpikannya, sehingga hipnosis sangat berdampak dalam memotivasi dan meningkatkan kinerja. Dalam proses belajar-mengajar, hipnosis juga baik untuk memotivasi siswa, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, kepercayaan diri, kedisiplinan, dan keorganisasian.

”Semua keterampilan tersebut dapat meningkat dengan pasti melalui terapi hipnosis,” ujar Novianto, yang membuka praktiknya di Kawasan Kemang ini.

Novianto menegaskan bahwa hipnosis ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dengan terapi ini, seseorang bisa merasa lebih segar dan bersemangat. Bisa dikatakan, teknik sehat dengan cara hipnosis ini sudah cukup banyak dilakukan. Bahkan, hipnosis pun bisa diperuntukkan bagi pasangan suami-istri yang mengalami problem seksual.

Hipnosis dapat mengatasi problem. Kuncinya hanya satu, orang tersebut harus memiliki keinginan kuat untuk sembuh. Sebenarnya semua proses hipnosis adalah self-hypnosis. Jadi, orang itulah yang menyembuhkan atau menghipnosis dirinya sendiri,” pungkas Hipnoterapis Indonesian Coaching Center ini.

| edit post

Diet DASH untuk Penderita Darah Tinggi

Posted by wiby Tuesday, March 2, 2010 0 comments

Penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) harus pintar-pintar mengatur makanannya. Dua makanan utama yang dapat mempengaruhi hipertensi adalah asupan garam atau natrium dan asupan kalium.

Tapi ada cara diet yang bisa dilakukan untuk penderita hipertensi yakni Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Diet dengan cara mengatur garam dan kalium ini dikembangkan di Amerika Serikat tapi telah berhasil digunakan di seluruh dunia dan tak terkecuali Afrika Selatan.

Asal tahu saja, Afrika Selatan pada umumnya, dan penduduk kulit hitam pada khususnya, rentan terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Diperkirakan 24,4 persen dari orang dewasa berkulit hitam di Afrika Selatan menderita penyakit hipertensi. Akibatnya banyak yang terserang stroke dan kerusakan otak pada populasi ini. Asupan garam dan kalium yang tinggi menjadi penyebabnya.

Padahal WHO merekomendasikan rasio natrium terhadap kalium dalam makanan adalah 1:1. Namun dalam populasi kulit hitam, konsumsi natrium sangat tinggi hingga 8 gram/hari dibandingkan dengan yang disarankan maksimum 6 gram/hari). Sedangkan asupan kalium sangat rendah (50-60 mmol/hari). Inilah yang menyebabkan banyak orang yang menderita tekanan darah tinggi di Afrika selatan.

Studi yang dilakukan oleh Profesor Karen Charlton dan timnya pada tahun 2007 di University of Cape Town dan Dewan Penelitian Medis di Cape Town, terhadap diet DASH mencapai hasil yang menjanjikan pada 80 pasien berkulit hitam dengan hipertensi ringan hingga sedang yang menerima pengobatan antihipertensi. Hanya dengan mengubah enam item makanan dalam diet mereka selama delapan minggu.

Diet DASH telah memberikan bukti ilmiah bahwa makan banyak buah-buahan, sayuran dan gandum utuh disertai sedikit susu rendah lemak atau bebas lemak, dapat meningkatkan kalium, magnesium dan kalsium asupan. Sekaligus mengurangi asupan natrium ke tingkat yang dapat diterima untuk mengurangi tekanan darah.

Tim Prof Charlton menyediakan roti, margarin, kaldu, sup campur dan penguat rasa dengan lebih sedikit natrium atau garam konten dan 500 ml Maas per hari (susu asam tak berbumbu) pada 40 'peserta tes' untuk jangka waktu delapan minggu.

40 orang lainnya dikelompokkan sebagai 'peserta kontrol' yang diberikan diet yang sama dengan garam konten normal dan 500 ml minuman manis dingin untuk periode hari yang sama.

Setelah delapan minggu, tekanan darah sistolik rata-rata peserta tes 6,2 mm Hg lebih rendah dari peserta kontrol. Sedangkan tekanan darah sistolik dan diastolik BP peserta kontrol yang diukur dengan pemantau tekanan darah ambulatory 24 jam rata-rata di atas 4,5 mm Hg lebih rendah dari peserta tes.

Dalam kelompok peserta tes asupan natrium tetep tidak berubah, sementara pada kelompok peserta kontrol meningkat hampir 1 gram per hari.

Asupan nutrisi meningkat secara dramatis. Asupan kalsium meningkat hampir dua kali lipat, asupan kalium hampir 900 mg per hari dan asupan magnesium meningkat sebesar 84 mg per hari dalam kelompok tes.

Perlu diketahui bahwa peningkatan asupan potasium, kalsium dan magnesium ini dicapai tanpa menggunakan suplemen mineral.

Prof Charlton dan timnya (2007) menyimpulkan bahwa penelitian mereka menunjukkan respons terhadap kesehatan masyarakat.

"Anda dapat mencapai pengurangan tekanan darah sistolik yang signifikan secara klinis untuk hipertensi sedang dalam pengobatan masyarakat berpenghasilan rendah di Afrika Selatan melalui manipulasi dari tujuh diet makanan olahan yang dikonsumsi," kata Prof Charlton seperti dilansir Health24, Selasa (2/3/2010).

Studi ini tidak hanya menunjukkan bahwa masyarakat miskin dengan sedikit sumber daya dapat membuat perubahan pola makan yang dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi pola makan itu juga dapat diubah dengan membuat beberapa penyesuaian.

| edit post