Followers

Rumput Fatimah Mempercepat Persalinan

Posted by wiby Sunday, January 24, 2010


Ibu hamil banyak yang percaya dengan minum air rendaman rumput fatimah (Labisa pumila) bisa memudahkan persalinannya. Saking jarangnya yang punya rumput fatimah, tak sedikit ibu hamil yang bersusah payah mencari tanaman berkhasiat ini.

Benarkah rumput fatimah bisa mempercepat persalinan?
"Memang ada beberapa penelitian yang mengungkapkan di dalam tanaman rumput fatimah terkandung suatu zat sejenis oksitoksin yang dapat menimbulkan kontraksi dari rahim," ujar dr Ali Sungkar SpOG saat dihubungi , Minggu (24/1/2010).

Tapi dr Ali menambahkan belum diketahui dengan pasti berapa banyak kadar zat tersebut dalam tanaman rumput fatimah. Zat sejenis oksitoksin yang terkandung di dalam rumput fatimah sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi.

Seperti dikutip dari buku Kesproholic, memaparkan peneliti yang dilakukan di Malaysia pada tahun 1998. Dan diketahui tanaman ini memang memiliki kandungan oksitosin.

Menggunakan tanaman ini biasanya dengan cara direndam hingga tanaman tersebut mengembang, dan ibu hamil percaya dengan meminum air rendaman ini sebelum melahirkan akan memudahkan persalinannya.

Rumput fatimah adalah salah satu tanaman semak yang berasal dari Timur Tengah dan seringkali dibawa oleh orang yang baru pulang haji.
Tanaman ini dalam bahasa Arab disebut dengan Kaf Mariyam (telapak tangan Mariyam). Bagian dari tanaman ini yang sering digunakan adalah akarnya, yaitu dengan cara direndam dan meminum airnya.

"Hal yang mengkhawatirkan adalah belum diketahui dengan pasti berapa kandungan zat tersebut dalam rumput fatimah, selain itu berapa banyak si ibu mengonsumsinya. Karena jika oksitosin yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya yaitu rahim menjadi robek," ujar dokter yang berpraktik di RSCM dan Brawijaya Women and Children Hospital ini.

Karena belum adanya bukti ilmiah yang benar-benar jelas mendukung kabar ini, maka sebaiknya ibu hamil berhati-hati dalam mengonsumsinya agar tidak berbahaya bagi dirinya dan bayi yang dikandungnya.

0 comments

Post a Comment