Followers

Cerdaskan Anak dengan Latihan Investigasi

Posted by wiby Friday, May 7, 2010

Salah satu cara mencerdaskan dan meningkatkan nalar serta logika anak adalah dengan melatih kemampuan investigatif mereka.

Menurut Helvy Tiana Rossa, salah satu pengarang cerita anak popular di Indonesia, anak yang rutin melakukan latihan penghubungan simbol ataupun ciri satu dengan ciri yang lain melalui sebuah stimulus investigasi ataupun cerita misteri, mampu meningkatkan kecerdasan serta logika anak. Tidak hanya itu, seorang anak dapat diajarkan nilai-nilai kehidupan melalui unsur-unsur cerita tersebut.

“Masa kanak-kanak adalah waktu paling efektif dalam menanamkan nilai serta proses pembelajaran soal kehidupan. Oleh karena itu, anak sebaiknya secara maksimal diberikan stimulus yang positif sehingga mereka dapat belajar hal baik namun tetap sambil bermain. Bermain adalah hal yang paling menyenangkan bagi mereka. Tentu saja, akan lebih baik jika menghubungan kedua hal tersebut,” kata Helvy Tiana Rossa saat ditemui di Kidzania, Jakarta, pada Kamis (6/5).

Hal ini juga diamini oleh pihak Kidzania yang membentuk ‘kota buatan’ yang dirancang bagi anak untuk pendidikan dan hiburan bagi anak yang berusia 2 hingga 16 tahun.

“Kami melihat bahwa dengan perkembangan teknologi saat ini, anak memiliki kesempatan yang besar untuk melatih diri mereka mengenal kehidupan sambil bermain. Latihan investigasi dan mempelajari cerita misteri dapat membantu anak mengenal lingkungan mereka. Tidak hanya itu, dengan melatih mereka soal investigasi, anak mampu memiliki pilihan lain saat mereka memilih pekerjaan, tidak hanya polisi misalnya,” kata Ari Kartika, Head of Marketing Communication Kidzania, Jakarta, saat ditemui di acara yang sama yaitu peluncuran Establishment Chitato Crime Scene Investigation (CSI) di Kidzania.

AKV Vivick Tjangkung, salah satu penyidik di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa pekerjaan penyelidikan adalah sebuah hal yang menarik meskipun banyak hal yang perlu disiapkan agar proses penyelidikan tidak sebabkan bahaya.

"Dulu teknologi tidak secanggih saat ini sehingga tim penyelidik memanfaatkan hal yang ada namun sedikit terbatas. Kalau sekarang kan sudah banyak teknologi seperti tes DNA, sidik jari ataupun penyelidikan telepon mereka,” kata Vivick Tjangkung.

Chitato (PT. Indofood Fritolay Makmur) bekerja sama dengan Kidzania (PT. Aryan Indonesia) menyelenggarakan Establishment Chitato Crime Scene Investigation (CSI) di mana anak dapat terlibat suatu aktivitas penyelidikan, layaknya seperti bekerja di unit penyelidikan yang membantu polisi, mengumpulkan berbagai informasi, barang bukti, mengaitkan suatu fakta dengan fakta lain serta memecahkan berbagai kasus kejahatan.

Kerja sama ini merupakan bentuk salah satu bentuk apresiasi Chitato kepada anak-anak dengan berikan layanan yang mampu memenuhi keinginan mereka untuk mempelajari proses penyelidikan.

0 comments

Post a Comment