Followers

Lebih Tinggi dan Ramping dengan Olah Raga Poolates

Posted by wiby Saturday, February 13, 2010

Olahraga pilates sudah banyak dikenal orang dan digemari karena bisa melenturkan badan serta keseimbangan tubuh. Tapi kini ada teknik baru yang menggabungkan pilates dengan kolam renang yaitu Poolates. Teknik ini disinyalir lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan pilates.

Poolates merupakan gagasan dari instruktur pilates Amerika, Rebecca Pfeiffer. Teknik ini tetap menggunakan dasar pilates yang berfokus pada pengembangan kekuatan inti dan meluruskan tulang belakang dengan menggunakan kontrol, ketepatan, pernapasan dan konsentrasi, hanya media yang digunakan di dalam kolam renang.

Tujuan dari latihan ini adalah membuat tubuh terlihat lebih tinggi, lebih ramping, lebih luwes sehingga meningkatkan fleksibilitas, stabilitas (keseimbangan), koordinasi dan memperbaiki postur tubuh.

"Latihan ini menggunakan daya apung, pertahanan dan gerakan lembut di dalam air untuk memperkuat otot inti. Sementara untuk keseimbangan dan koordinasi pada sendi akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan media air," ujar Pfeiffer, seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (14/2/2010).

Pfeiffer menambahkan bagi para peserta, lingkungan perairan akan lebih menantang dibandingkan tanah sehingga diperlukan kemampuan konsentrasi dan sense of humor yang lebih tinggi.

Poolates ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pada orang yang baru selesai melakukan rehabilitasi. Pada orang yang mengalami cedera atau penyakit kronis dan kelebihan berat badan, dapat membantu meningkatkan mobilitasnya yang terbatas, mengatasi kelelahan otot dan mengurangi sendi yang stres. Selain itu poolates juga cenderung lebih aman bagi orang yang osteoporosis.

Keuntungan lain yang didapat dari poolates ini adalah dapat mengatasi sakit punggung. Penyebab dari sakit punggung bermacam-macam salah satunya adalah akibat adanya gangguan pada bentuk tulangnya. Dengan melakukan poolates membantu memperkuat otot-otot inti seputar pinggang dan perut.

Selain untuk memperbaiki postur tubuh, poolates juga dapat menguatkan otot kaki dengan melakukan latihan gerakan satu kaki. Gerakan ini dapat berpengaruh terhadap kekuatan dari luar paha dan pinggul. Poolates bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan dan memiliki banyak manfaat.

0 comments

Post a Comment


Blog Archive

Ruang Tamu


ShoutMix chat widget

Promosi Blog

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
powered by PRBbutton